it's just blog ! but pretty amaze me !

Selasa, 08 Maret 2011

Manfaat Bersepeda


Bersepeda merupakan sebuah tren yang menjadi populer di masyarakat akhir - akhir ini, terutama di daerah kota - kota besar. Mulai dari kalangan remaja, anak - anak, orang tua, baik pria maupun wanita banyak yang menggunakan sepeda. Mereka menggunakannya dengan berbagai macam keperluan, ada yang menjadikannya sebagai kendaraan jarak dekat (mungkin seperti Bike to Work), sekedar have fun, sebagai alat olah raga, ataupun transportasi utama bagi seseorang.

Fenomena ini sangat positf, ditengah maraknya isu - isu tentang global warming. Entah siapa yang memulai tren ini kembali. Saya masih mengingat ketika saya masih berusia sekitar 8 tahun, saya bersama teman - teman di Maros sudah mulai belajar bersepeda. Terutama ketika saya pindah ke Papua, di sana saya menjadikan sepeda sebagai transportasi utama. Mulai dari ke sekolah hingga bermain kemana saja saya bersama si Topbike (merek sepedaku waktu itu).

Nah, beberapa hari yang lalu saya menemukan sebuah artikel ketika jalan - jalan ke Rodalink mengenai manfaat bersepeda. Katanya seperti ini :

Hasil interview dengan Prof. Dr. Ingo Frobose dan team di Center of Health of the German Sports Academy of Cologne, mengenai manfaat bersepeda :

1. Sakit punggung biasanya sering diakibatkan hasil secara langsung oleh kurangnya berolah raga. Dengan kurangnya berolah raga menyebabkan discs (piringan) pada tulang punggung tidak mendapat pasokan nourishment (nutrisi) secara optimum sehingga kemampuan dari piringan - piringan  tadi menjadi berubah dan suatu saat dibebani dengan pekerjaan yang agak berat maka piringan - piringan tadi tidak sanggup dan menyebabkan nyeri. Dengan bersepeda akan dapat mengatasi masalah ini, yaitu yang pertama, latihan fisik secara terus menerus yang akan membantu mengembalikan kemampuan discs berikut suplai "makanan" menjadi optimal kembali.

2. Penyebab umum terjadinya nyeri lutut biasanya karena kerusakan pada tulang rawan / muda. Tekanan berlebihan yang terletak pada sambungan lutut, sebagai contoh dikarenakan jogging, atau terlalu gemuk, menghambat atau menolak pasokan nutrisi ke tulang rawan. Konsekuensinya tulang rawan menjadi lemah dan mulai rusak. Awal dari kerusakan / nyeri lutut saat dimana mineral - mineral berharga tidak bisa masuk ke tulang rawan. Semenjak tulang rawan tidak dialiri darah maka mineral - mineral berharga tidak bisa masuk ke tulang rawan. Pergerakan pada persambungan lutut dapat mendorong nutrisi kepada tulang rawan. Bersepeda adalah salah satu cara olah raga yang paling sedikit terjadi tekanan pada lutut dan cara yang paling baik untuk menguatkan tulang rawan.


3. Jantung adalah satu - satunya "motor" kita dan karena alasan itulah kita harus benar - benar merawatnya. Gejala stress dan mengerasnya arteri - arteri (arteriosclerosis) sebagai contoh, menyebabkan efek yang merusak pada jantung dan menghasilkan tekanan darah tinggi.

Hal ini berakibat seseorang akan mengalami serangan jantung. Bersepeda akan memperbaiki sirkulasi darah secara keseluruhan. Terpenting adalah jantung akan bekerja lebih ekonomis karena performa pemompaan menjadi lebih efisien sehingga mengurangi tekanan darah secara keseluruhan dan mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Infeksi adalah penyebab utama anda absen dari tempat kerja anda. Satu dari beberapa alasan adalah kurang efektifnya kinerja sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan reaksi alergi dan ketidakmampuan melawan flu dan demam. Bersepeda dapat meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh dengan mengijinkan tubuh untuk melindungi dirinya dari virus dan bakteri. Bersepeda adalah metode olahraga yang paling banyak memiliki manfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana? Anda masih ragu bersepeda?

Dicomot dari : Brosur Rodalink yang dikutip dari : www.cyclingandhealth.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Statistik